en id

Pelayanan SHIAM di Nilai oleh ACI

02 Mar 2017

kembali ke list


Maros (2/3), penilaian yang dilakukan oleh ACI terhadap Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar merupakan agenda rutin yang wajib dilaksanakan untuk mengetahui parimeter tingkat pelayanan bandara terhadap pengguna jasa. ACI (Airport Council International) menilai dari aspek ASQ (Airport Service Quality) atau Kualitas Pelayanan Bandara dengan mengevaluasi segala aspek di bandara terkait kualitas pelayanan bandara.

 

Hari ini Kamis, 2 Maret 2017 adalah hari ke-2 pelaksanaan penilaian, kegiatan penilaian oleh ACI dilaksanakan selama 2 hari dimulai pada 1 - 2 Maret 2017. Metode yang digunakan oleh ACI adalah membagikan 94 kuisioner penilaian dan melakukan wawancara kepada penumpang terkait kualitas pelayanan  yang ada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Adapun aspek yang dinilai diantaranya penghitungan waktu yang dibutuhkan untuk pelayanan check-in (masuk bandara) serta pengambilan bagasi yang menjadi tanggung jawab bagian ground handling.

 

Beberapa persiapan dilakukan diantaranya menyiapkan surveyor dan pembekalan ke surveyor tentang bandar udara, berkoordinasi dengan semua unit untuk menyiapkan fasilitas dan pelayanan yg lebih baik, menyiapkan perlengkapan seperti rompi, souvenir dan alat tulis.

 

Dengan pengukuran kualitas pelayanan yang dilakukan ACI, PT Angkasa Pura I (Persero) akan mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan yang dilayani di setiap bandaranya, sehingga dari hasil pengukuran kepuasan pelanggan, PT Angkasa Pura I (Persero) akan mengetahui kebutuhan pelanggan. 

 

"Penilaian ini sangat penting mengingat survei ini digunakan sebagai bahan dan tolak ukur pelayanan dan fasilitas  Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar terhadap pengguna jasa bandar udara. Target penilaian ASQ yang harus dicapai pada tahun 2017 yaitu 4,15. ", ujar I Ketut Sarjana selaku Costumer Service and Hospitality Section Head.

 

Di tempat terpisah, salah seorang penumpang yang mengikuti survey menyampaikan harapannya kepada PT Angkasa Pura I (Persero) "harapan saya setelah dilakukan survei ini, semoga bandara dapat memberikan pelayanan yang maksimal, benahi yang harus dibenahi, pertahankan apa yang harus dipertahankan," ujar salah satu penumpang. (HumasUPG)