en id

PENILAIAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) BANDARA SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

04 Mar 2017

kembali ke list


Makassar (4/3), Customer Satisfaction Index merupakan penilaian tentang kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh INACA (Indonesian Nation Air Carries Association) dibidang jasa kebandarudaraan. Penilaian CSI dilakukan rutin sekali dalam satu tahun. Tahun ini, penilaian CSI Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dilaksanakan pada 4 – 10 Maret 2017. 
CSI mengukur nilai kepuasan pengguna bandar udara yang menunjukkan ukuran kinerja layanan bandar udara dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Penilaian CSI dilakukan dengan 3 metode yaitu pertama metode survey dengan menyebarkan 550 kuisioner kepada penumpang, awak pesawat, station manager, konsesioner dan kargo. Kedua, menggunakan metode observasi Terminal Penumpang, Apron dan Landasan, dan Terminal Kargo. Ketiga, FGD (FOCUSED GROUP DISCUSSION) yang melibatkan Station Manager/Ground Handling, Konsesioner, Kargo.
“Hari ini adalah hari pertama dilakukannya survey CSI oleh INACA. Semoga kegiatan ini lancar sesuai dengan rencana dan hasilnya bisa memenuhi atau melebihi target penilaian dari INACA yaitu 4.15.” ujar I Ketut Sarjana selaku Customer Service and Hospitality Section Head. 
Ada macam - macam aspek dinilai dalam survey ini, dari segi penumpang diantaranya terkait akses, pelayanan informasi bandara, pemeriksaan keamanan, fasilitas terminal dan lainnya. Dari segi awak pesawat dinilai tentang pelayanan dan fasilitas sisi udara bandara. Dari segi station manager, konsesioner dan kargo, dinilai pelayanan, fasilitas dan petugas. 
Penilaian ini bertujuan untuk mendorong peningkatan pelayanan PT. Angkasa Pura I (Persero) melalui pengukuran kualitas pelayanan bandar udara yang dinyatakan oleh Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) dan indikator-indikator relevan lainnya. Berbagai persiapan telah dilakukan diantaranya menyiapkan surveyor termasuk pembekalannya, kuisoner, souvenir, alat tulis serta koordinasi dengan unit terkait. 
 “Dengan adanya survey ini, semoga kebutuhan kami sebagai penumpang bisa terakomodasi dengan baik dan kedepannya Bandara Sultan Hasanuddin menjadi lebih baik lagi.”, ujar salah satu penumpang setelah mengisi formulir survey.